Kamis, 27 Maret 2014

Hijab atau trend ?

Hijab (bahasa Arab: حجاب ħijāb) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata "hijab" lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim (lihat jilbab). Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tata cara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.
Tetapi sebagian orang awam hanya merujuk hijab adalah jilbab. Atau hanya menutup kepala saja. Dalam islam hijab tidak hanya menutup kepala saja tetapi mengenai tampilan dan perilaku sehari-hari.
Sekarang ini masalah hijab menjadi kontravensi. Hijab juga merupakan salah satu isu yang menarik untuk di bahas. Dalam kehidupan era ini banyak pro dan kontra mengenai hijab. Entah itu hijab gaul, hijab modis, hijab modern atau apalah.
Tapi kita lihat masa kini, kaum hawa atau wanita. Mereka sedang di gentayangi maraknya hijab modern, banyak di antara mereka yang dulunya tidak berjilbab sekarang berlomba-lomba untuk berhijab modern, entah karena dorongan dari hati atau sekedar mengikuti trend ataupun hanya untuk sekedar menutupi bagian tubuh yang di rasa jelek atau kurang sempurna. Trend ini oleh masyarakat tetap saja di sebut berhijab atau menutup. Walaupun dalam kenyataan marilah kita lihat ada wanita yang berjilbab tapi menggunakan baju tiga per empat. Ada yang berjilbab tapi pakai rok yang tipis ada juga yang berhijab tapi dengan menggunakan jilbab yang rambutnya sengaja di perlihatkan. Ada juga yang berhijab tetapi memperlihatkan bagian-bagian yang seharusnya di tutupi.
Menurut Muhammad Nashiruddin Al Albany kriteria jilbab yang benar hendaklah menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak, jilbab bukan merupakan perhiasan, tidak tipis, bahan tidak tembus pandang, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh, tidak disemprot parfum, tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita-wanita kafir dan bukan merupakan pakaian untuk mencari popularitas diri.
Kesimpulan yang diambil dari artikel ini banyak sekali. Memang hijab sedang in dikalangan masyarakat. Mungkin niat mereka baik,tidak ada yang tahu juga mereka tiba-tiba mengenakan hijab memang sudah niatnya ingin memperbaiki diri atau memang mengikuti trend saja. Yang jelas berhijab merupakan tuntutan dari Allah untuk menutup aurat dari hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak boleh disalah gunakan pemakaiannya. Hijab dan akhlak saling berkaitan,mungkin jika akhlak nya kurang baik itu dari diri sendiri,bukan karena hijabnya. Mungkin dengan niat utama memakai hijab dan menjaga perilaku atau akhlak kita akan bias berubah menjadi lebih baik ke depannya. Walau bagaimanapun yang namanya hijab jangan di salah artikan atau di salah gunakan. Allah sendiri memerintahkan wanita untuk menutup aurat nya karena untuk melindungi wanita dari pelecehan seksual dan lain-lain.

Sumber :
- id.wikipedia.org/wiki/Hijab

- http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/10/24/hijab-atau-trend--603464.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar