Kamis, 20 Oktober 2011

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar Dalam Kesusastraan

  • lmu Budaya Dasar ini berkaitan dengan budaya yang ada dalam keseharian dan budaya bangsa. Ada istilah Humanities yang berasal dari bahasa latin yaitu, manusiawi, berbudaya, dan halus. Ilmu Budaya Dasar Merupakan Pengetahuan Tentang Perilaku Dasar-Dasar Dari Manusia. Unsur-unsur kebudayaan :
Sistem Religi/ Kepercayaan . Sistem organisasi kemasyarakatan . lmu Pengetahuan . Bahasa dan kesenian . Mata pencaharian hidup . Peralatan dan teknologi .
  • Budaya ini sangat berkaitan dengan seni-seni. Seni adalah suatu ekspresi dari jiwa manusia. Segala kebebasan hasil karya dari manusia bebas dituangkan dalam ekspresi seni. Para seniman dengan bebasnya menuangkan hasil karya mereka lewat seni ini. Dalam hidup,seni mempunyai peranan yang sangat penting. Dengan seni hidup menjadi sangat berwarna. Seni ini lebih mudah cara penyampaiannya,dan isinya lebih mudah dimengerti. Semua orang bebas berkarya melalui seni ini. Seni sangat berkaitan erat dengan masalah kemanusiaan. Karena seni adalah ekspresi yang bersifat tidak normatif, menjadikan seni lebih mudah berkomunikasi. Oleh sebab itu nilai-nilai yang disampaikannya lebih fleksibel, baik isinya maupun cara penyampaiannya
  • ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PUISI Seperti yang sudah kita ketahui bahwa puisi merupakan bagian dari seni sastra, sedangkan sastra merupakan bagian dari kesenian, dan kesenian adalah unsure dari kebudayaan. Sehingga Puisi dapat diartikan ekspresi pengalaman jiwa penyair mengenai kehidupan manusia, alam dan Tuhan melalui media bahasa yang artistik/estetik yang secara padu dan utuh dipadatkan kata-katanya. Kepuitisan, keartistikan atau keestetikaan bahsa puisi disebabkan oleh kreativitas penyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan :
Figura bahasa . Kata-kata yang ambiguitas . Kata-kata yang berjiwa . Kata-kata yang konotatif . Pengulangan .

ILMU BUDAYA DASAR YANG DI HUBUNGKAN DENGAN PROSA
Istilah prosa biasanya kita kenal dengan fiksi dan tidak jarang sering diartikan sebagai cerita rekaan,prosa cerita dan juga sebagai cerita. Di dalam kesusastraan bahasa Indonesia kita. Ada dua macam prosa yaitu :
Prosa lama :
1. dongeng
2. hikayat
3. sejarah
4. epos
5. cerita pelipur lara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar