Rabu, 23 April 2014

Tips-Tips Mempertajam Daya Ingat

Karangan semi ilmiah atau popolar merupakan sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan yang ditulis dengan bahasa konkret dan formal, kata-katanya teknis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya.

Ciri – ciri karangan popular adalah:
1.      Ditulis berdasarkan fakta pribadi
2.      Fakta yang disimpulkan subjektif
3.      Tidak memuat hipotesis
4.      Penyajian disertai dengan sejarah
5.      Gaya bahasa komotatuf
6.      Bersifat imajinatif
7.      Situasi didramatisir
8.      Bersifat persuasive

Memiliki daya ingat yang tajam sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Karena memudahkan dan membantu kita dalam melakukan kegiatan apapun. Kita mungkin akan merasa kesal, ketika menaruh barang di suatu tempat dan saat dibutuhkan, kita lupa menaruhnya dimana. Jadi memiliki daya ingat yang baik sangat dibutuhkan dalam segala kondisi dan keadaan. Berikut ini merupakan tips untuk mempertajam daya ingat :

1. Disela-sela kesibukan yang kita punya, usahakan melakukan senam otak. Senam otak dapat dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan yang anda harus jawab sendiri. Seperti, menyebutkan 10 barang atau benda yang ada di ruang lingkup atau sekitar kita.

2. Seperti tubuh, otak juga membutuhkan nutrisi atau makanan untuk daya ingat yang lebih baik, beberapa jenis makanan yang baik untuk nutrisi atau makanan otak yaitu sayuran yang berwarna hijau serta ikan (dalam hal ini ikan tuna dan ikan salmon).

3. Minumlah air putih yang secukup mungkin,hal ini sangat bermanfaat untuk mempertajam daya ingat otak anda. Idealnya kita harus minum air putih 8 gelas air putih setiap harinya.

4. Otak juga perlu istirahat yang cukup, ketika otak kita sudah bekerja seharian usahakan untuk istirahat dengan tidur, tidur merupakan cara yang efektif untuk mengistirahatkan otak dan pikiran kita. Agar saat bangun, otak lebih fresh serta mampu bekerja optimal dalam membantu aktivias kita sehari-hari.

5. Bagi anda yang melakukan aktivitas yang sangat membutuhkan daya ingat otak anda. Ada baiknya, ada mengistirahatkan otak anda selama beberapa menit. Agar otak lebih fresh lagi dalam mengingat berbagai hal dalam pekerjaaan.

6. Mengisi kata-kata yang tersembunyi di teka-teki silang dan membaca banyak buku juga merupakan cara yang sangat ampuh untuk melatih mempertajam daya ingat otak.

7. Tubuh yang sehat juga akan menghasilkan daya ingat yang optimal. Olahraga sangat diperlukan bagi tubuh. Karena olahraga sangat baik untuk kesehatan dan memperlancar peredaran darah di tubuh termasuk otak. Sehingga akan mampu mempertajam daya ingat otak.

Sumber :
-http://intips-kesehatan.blogspot.com/2012/10/tips-tajam-daya-ingat-otak.html
-http://rendiforevahwhatevah.blogspot.com/2011/03/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
-http://gatotbukankaca.weebly.com/bahasa-indonesia-2-karangan-ilmiah-non-ilmiah-dan-ilmiah-populer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar